Jumat, 25 Agustus 2017

Taman Kupu-kupu Tabanan

Punya anak-anak cewek, sepertinya menikmati keindahan kupu-kupu akan menjadi suatu hal yang menarik bagi mereka, untuk itulah Taman wisata Kupu-kupu atau butterfly Park di Tabanan ini menjadi tujuan wisata berikutnya.

Nyoman Pasek - Misnawati


Berkunjung ke sini kami bisa menikmati serangga bersayap tersebut dari dekat bahkan bisa menyentuhnya, luasnya yang sekitar 1 hektar tersebut memberikan kelleluasaan bagi pengunjung untuk mengenali alam kupu-kupu tersebut dari dekat.

Ni Nyoman Misnawati - Reny


Taman Kupu-kupu Tabanan Bali ini, dipenuhi oleh taman bunga yang merupakan habitat ideal bagi hewan serangga bersayap indah tersebut. Karena kupu-kupu merupakan pelengkap dari proses pembuahan dari bunga tersebut dan hidup saling ketergantungan. Kehidupan kupu-kupu juga sangat tergantung dari tersedianya tumbuh-tumbuhan disekitarnya sebagai sumber pakan dan menjadi pelindung, baik dalam perkembangannya sejak menjadi larva sampai menjadi kupu-kupu dewasa.

Ni Putu Ari Indriyani


Berkunjung ke Taman Kupu-kupu Tabanan Bali ini, bisa menjadi tempat edukasi bagi anak-anak, serta bisa menambah pengalaman wisata, liburan bersama keluarga terutama dengan anak-anak, selain bermain ke pantai seperti pantai Kuta maupun Tanjung Benoa, maka agenda tour di Bali anda berikutnya adalah Taman Kupu-kupu Tabanan Bali. Anda juga bisa sewa mobil dan berkunjung ke sejumlah tempat wisata lainnya seperti air panas Angseri dan objek wisata Jatiluwih.

Foto keluarga Nyoman Misnawati


Bagi pecinta alam, objek wisata alam, rekreasi petualangan seperti trekking ataupun mendaki, kebun binatang termasuk Taman Kupu-kupu Tabanan wajib anda kunjungi. Bali Butterfly Park, menjadi satu-satunya objek wisata taman kupu-kupu populer di Bali, koleksinya lengkap.

Ni Kadek Paranita Della Cahyani


Lokasinya di desa Wanasari, jalan raya Batukaru, Tabanan, sekitar 7 km arah utara pusat kota Tabanan. Perjalanan dari Denpasar butuh sekitar 60 menit berkendaraan, dari pusat kota Tabanan menuju ke arah desa Penebel atau arah Jatiluwih.

Ni Komang Friska Pradnyayanti - Nadia Diva Sari


Saat memasuki Taman Kupu-kupu Tabanan, anda disambut dengan taman indah dengan dipenuhi oleh kupu-kupu yang berterbangan dan bertengger di sejumlah bunga yang mekar pada taman tersebut. Anda bisa dengan leluasa dan bebas menyaksikan keragaman serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera atau serangga bersisik dengan sayap-sayap indah. Selain kupu-kupu  anda bisa menyaksikan koleksi hewan lainnya seperti kalajengking, kumbang macan, tarantula, belalang daun dan banyak lagi lainnya.

Ni Putu Ari Indriyani - Kadek Paranita Della Cahyani - Friska Pradnyayanti


Aneka warna-warni taman bunga dan kupu-kupu menghiasi tempat ini, salah satu yang terkenal adalah Kupu Kupu Sayap Burung Sorga atau dalam bahasa latinnya Omithoptera Paradisea, jenis tersebut ditangkar di Bali Butterfly Park, anda bisa menyaksikan proses pengembangbiakan mulai dari ulat, kepompong sampai menjadi kupu-kupu dewasa, sehingga selain anda wisata juga sebagai pengetahuan ilmiah untuk keperluan pendidikan saat ini maupun pada masa mendatang.

Ni Putu Ari Indriyani - Ni Komang Friska Pradnyayanti


Selain anda bisa menyaksikan berbagai hewan penghuni dari Taman Kupu-kupu Tabanan, anda bisa bnerada lebih dekat dengan hewan cantik tersebut, bisa menyentuhnya dan bahkan berphoto dengan kupu-kupu, membiarkan mereka hinggap di kepala ataupun di tangan anda, anda bisa juga meminta informasi tetang beragam junis kupu-kupu yang ada di Bali Butterfly Park, petugas setempat akan dengan senang hati memberikan informasi bagi anda.

Nyoman Misnawati di Taman Kupu-kupu Tabanan


Setelah puas berkeliling Taman Kupu-kupu, selanjutnya anda bisa menuju museum di areal Bali Butterfly Park, museum tersebut memiliki bermagai macam jenis kupu-kupu, kumbang dan kalajengking yang sudah diawetkan tersusun dan tertata rapi, berbagai jenis souvenier untuk kebutuhan oleh-oleh juga tersedia seperti berupa gantungan kunci, sayap kupu-kupu, bingkai dan lukisan. Setelah puas anda ke luar melalui restaurant, yang siap menyuguhkan sajian bersantap di kawasan ini.

Ni Putu Ari Indriyani - Taman Kupu kupu


Setiap harinya cukup ramai pengunjung, pada hari-hari biasa lebih didominasi oleh wisatawan asing bersama anak-anak mereka. Sejumlah agen perjalanan mengemas paket tour di Bali dengan mengagendakan Taman Kupu-kupu Tabanan sebagai destinasi wisata wajib dikunjungi. Pada saat liburan sekolah, banyak sekolah dari luar Bali sebagai agenda study tour sekolah. (24 Sept 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar