Jumat, 25 Agustus 2017

Air Panas Penatahan

Merasakan terapi alam air panas di Bali, maka anda bisa mengarahkan kunjungan anda ke Kabupaten Rabanan, salah satunya adalah air panas Penatahan, tempat ini menjadi pilihan bagi para pelancong di Bali untuk menikmati hangatnya terapi dengan air panas alam, lokasinya di desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kab. Tabanan. Objek wisata di Bali ini memberikan pilihan lain tempat wisata selain pantai.

Jika anda merasa sedikit jenuh dengan suasana alam pantai, kini saatnya anda bisa mengatur acara tour di Bali dengan mengunjungi pemandian ini, menikmati treatment alami yang ditawarkan oleh alam dan juga sebagai tempat berelaksasi sempurna dan tempat bercengkerama bersama keluarga terutama anak-anak.

Air Panas Penatahan terletak di atas areal 2,1 hektar, kawasan objek wisata ini memiliki sarana yang lengkap seperti lahan parkir yang cukup luas, restaurant, cafetaria dan resor sebagai tempat menginap, serta dikelilingi oleh taman-taman tertata rapi, sehingga pemandian air panas di Bali ini terbilang cukup spesial dan wajib anda kunjungi.

Nyoman Misnawati di Penatahan


Jarak Air Panas Penatahan dari pusat kota Tabanan sekitar 13 km, dari pusat kota Denpasar 25 km sedangkan jarak dari bandara 35 km. Cukup terjangkau bagi wisatawan yang menginap di pusat-pusat pariwisata seperti Kuta, Canggu dan Sanur, serta sejumlah sejumlah objek wisata lainnya di Bali berada dalam satu jalur perjalanan sehingga anda bisa mengatur acara tour di Bali dengan baik selama sehari penuh.

Nyoman Misnawati - Reny di Penatahan


Kabupaten Tabanan memang memiliki sejumlah pusat mata air panas, beberapa diantaranya adalah Angseri, Belulang dan Penatahan, semuanya memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti yang kita ketahui air panas alam dikenal memiliki kandungan mineral belerang yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk pengobatan seperti gatal kulit, kehangatan yang ditawarkan cocok juga untuk rematik, pegal dan rasa penat, sehingga bisa sebagai tempat treatment dan relaksasi.

Namun yang unik bau belerang di Air Panas Penatahan tidak begitu menyengat dibandingkan tempat lainnya, serta akses menuju ke lokasi lebih mudah, tidak perlu jaug berjalan kaki.

Nyoman Misnawati


Tempat ini memang cukup terkenal dengan nama Air Panas Penatahan atau oleh warga setempat lebih dikenal dengan nama Yeh Panes, anda bisa menemukannya dengan mudah lewat panduan GPS dalam aplikasi handphone, sebagai patokan ikuti akses menuju pura Batukaru, atau jika anda nyasar tanya saja ke warga sekitar, karena objek wisata di Bali ini cukup populer di Kabupaten Tabanan. Perjalanan cukup menyenangkan karena akses jalan ke arah ini sudah dihotmik, hanya puluhan jalan meter menuju ke lokasi parkir masih kurang begitu bagus. Kalau pengunjung masih sepi anda bisa langsung parkir kendaraan di halaman depan objek wisata, sehingga tidak perlu berjalan kaki.

Nyoman Misnawati - Reny


Air Panas Penatahan dikelola dengan sagat baik, taman-tamanya luas dan tertata dengan baik, sehingga cukup menghibur mata dan menyejukkan, pada kawasan ini terdapat sebuah hotel bintang 3 yaitu ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort, itulah sebabnya kawasan objek wisata ini ditata dengan begitu baik dan memiliki fasilitas lengkap, anda yang berencana liburan dan ingin menikmati keindahan dan menjauhkan diri dari kebisingan kota dalam balutan alam pedesaan yang masih asri alami, maka ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort, bisa menjadi tempat menginap istimewa bagi keluarga.

Ni Kadek Paranita Della Cahyani


Objek wisata Air Panas Penatahan terletak di tepi sungai Ho, alamnya masih asri dan tenang, memasuki areal tempat wisata, anda harus bayar tiket masuk di meja resepsion, kemudian menuju ke arah kolam pemandian. Pada areal halaman depan samping kantor depan setidaknya ada 4 bilik pribadi yang disewakan luasnya sekitar 2 x 3 meter. Tempat ini khusus untuk pengunjung yang menginginkan privasi lebih dan agar lebih leluasa menikmati terapi dengan air panas dalam sebuah ruangan tertutup.

Di Belakang kantor depan ada sebuah pura di tengah-tengah pura ada sebuah pohon beringin dan di bawah pohon inilah pusat dari mata air panas di kawasan tersebut, ditampung dalam sebuah kolam kemudian dialirkan ke tempat-tempat sesuai kebutuhan di kawasan Air Panas Penatahan.

Family Ni Nyoman Misnawati


Bagi anda warga Hindu yang ingin melakukan terapi seperti untuk penyembuhan penyakit kulit dan rematik, apalagi pertama kali, sebagai etika orang Hindu sekiranya perlu untuk menghaturkan persembahan dan melakukan persembahyangan dan memohon kesembuhan serta keselamatan.

Memasuki areal utama pemandian Air Panas Penatahan ini anda akan disambut kebun-kebun tertata rapi serta 3 buah kolam pemandian untuk umum siap anda gunakan untuk berendam. Kawasan Air Panas Penatahan selain menyuguhkan pemandangan taman-taman indah, juga menyajikan keindahan sungai Ho serta pemandangan sawah terasering di seberang sungai, balutan alam asri ini terasa menjadi tempat relaksasi sempurna, tenang dan damai.

Ni Kadek Paranita Della Cahyani di Air Panas Penatahan


Areal utama dari kawasan ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort atau Air Panas Penatahan, selain 3 buah kolam untuk umum, juga ada 2 buah bilik tertutup yang lebih besar dibandingkan 4 bilik pada halaman depan, tempat ini lebih privasi tapi juga diperuntukkan untuk umum dengan hitungan biaya per-orang bukan per-bilik. Tapi jika anda wisata dengan anak-anak, 3 buah kolam pemandian umum ini sudah cukup untuk menikmati sensasi wisata di sini.

Kolam pertama adalah kolam pemandian terkecil dan terletak paling berdekatan dengan pinggir sungai, dilengkapi sebuah pancoran bambu dengan aliran air panas, kolam inilah yang menyajikan sensasi berendam dengan air panas pada suhu sekitar 38 – 40 °C.

Ni Kadek Paranita Della Cahyani di Penatahan


Kolam kedua di Air Panas Penatahan ukurannya lebih besar dari kolam pertama, kedalaman sekitar maksimal 80 cm, sehingga sangat disukai dengan anak, karena kolamnya lebih besar dan sumber air panas yang mengalir tidak terlalu besar, membuat suhunya biasa saja. Kemudian kolam yang paling besar terletak di sebelah atas, sumber airnya dari air tawar biasa seperti kolam renang pada umumnya, bukan air panas yang mengandung belerang, kedalaman 115 -180 meter.

Kolam ini anda bisa menyaksikan keindahan alam sekitarnya lebih maksimal termasuk hamparan sawah terasering di seberang sungai Ho. Selain sebagai tempat wisata untuk orang dewasa tempat pemandian Air Panas Penatahan juga ideal sebagai tempat wisata Anak di Bali. (19 Juni 2016)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar