Sabtu, 30 Desember 2017

Pura Andakasa

30 Mei 2017 - Perjalanan persembahyangan bersama keluarga keci kami, keluarga Nyoman Pasek - Nyoman Misnawati menuju ke Pura Andakasa.

Pura Andakasa sendiri memiliki fungsi penting dalam tatanan upacara keagaamaan bagi umat Hindu di Bali. Dalam arah mata angin Pura Andakasa terletak di sebelah Selatan pulau Bali, dan stana Dewa untuk arah mata angin sebelah Selatan adalah Dewa Brahma yang juga diyakini sebagai dewa Tri Murti, manifestai Tuhan ini adalah sebagai sang Pencipta alam semesta beserta isinya (utpatti).

Nama Pura sendiri diambil dari konsepsi andabhuwana atau bisa diartikan telur semesta, dari sinilah tetua Bali memahami secara ilmiah bahwa bentuk bumi itu bundar seperti telur.

Pura Luhur Andakasa selain sebagai salah satu konsep Padmabhuwana yang terletak di sebelah Selatan dan menjadi stana Dewa Brahma atau Ida Hyang Tugu, status pura Andakasa sebagai Kahyangan Jagat, Tri Kahyangan Agung dan Sad Kahyangan. Sehingga keberadaan pura Luhur Andaksa menempati posisi sangat penting dalam kehidupan beragama di Bali.

Lokasi Pura ANdakasa sendiri berada 200 meter di atas permukaan laut, di desa Banjar Gegelang,  desa Angantelu, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem – Bali, nuansanya tenang, damai dan sepi. Selain sebagai tempat persembahyangan umat Hindu, juga ideal sebagai tujuan wisata bagi wisatawan.

Ni Nyoman Misnawati family

Nyoman Misnawati - Reny

Nyoman Misnawati di ANdakasa

Nadia Diva Sari

Ni Nyoman Misnawati - Komang Friska Pradnyayanti


Nyoman Pasek di Andakasa

Nyoman Misnawati_Paranita Della Cahyani

Kadek Paranita Della Cahyani

Ni Nyoman Misnawati di Pura Andakasa






Tidak ada komentar:

Posting Komentar