Sabtu, 30 Desember 2017

Genah Melukat Pura Dalem Pingit Sebatu

26 Pebruari 2011- perjalanan melukat pertama ke Pura Dalem Pingit Sebatu, lanjut rekreasi ke rice terrace Tegalalang. Kemudian melukat kedua pada tanggal 7 Juni 2015.

Air terjun dan Pura Dalem Pingit Sebatu adalah salah satu tempat populer yang dijadikan sebagai tujuan tempat (genah) melukat atau meruwat di Bali. Tempat lainnya yang juga sangat populer di Kabupaten Gianyar ini adalah pemandian di Pura Tirta Empul Tampaksiring yang juga menjadi salah satu objek wisata populer di Bali.

Keberadaan genah melukat bagi warga Hindu ini semakin hari semakin terkenal saja, bahkan sekarang sebagian besar warga sudah mengenal air terjun ini, apalagi sekarang dengan adanya media sosial begitu mudahnya berita tersebar, dan fenomena unik yang terjadi pada pengunjung saat melukat di bawah guyuran air terjun Sebatu ini.

Lokasi air terjun sekaligus genah melukat ini dikenal juga dengan nama Pura Dalem Pingit lan pura Kusti, dipercaya dapat menghilangkan pengaruh ilmu hitam, lokasinya sendiri di desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kab. Gianyar Bali.

Jika dari arah Ubud atau Denpasar anda ketemu objek wisata Tegalalang (ceking rice terrace) terlebih dahulu, jarak dari sini sekitar 5.3 km, ada sebuah pertigaan, maka anda belok kanan sudah ada papan petunjuk jalan menuju “genah melukat”. Pesiraman Dalem Pingit ini sangat populer bagi warga Bali, jika anda kehilangan arah tanya saja orang sekitar, mereka akan menunjukkan tempatnya dengan senang hati.

Nyoman Pasek - Bunda Nengah Simpen

Bunda Nengah Simpen - Nyoman Pasek

Bunda Nengah Simpen dan Cucu

Putu Ari Indriyani 1

Putu Ari Indriyani 1

Putu Ari Indri Yani_Paranita Della Cahyani_Friska Pradnyayanti 1

Putu Ari Indri Yani_Paranita Della Cahyani_Friska Pradnyayanti

Putu Ari Indriyani_Made yasa


Setelah 4 tahun berselang - Melukat kedua di Pura Dalem Pingit Sebatu tanggal 7 Juni 2015


Nyoman Misnawati

Nyoman Misnawati - Ari Indriyani








Tidak ada komentar:

Posting Komentar