Minggu, 27 November 2016

Pura Goa Giri Putri di Nusa Penida

Nusa Penida memiliki banyak pantai-pantai cantik dan unik, menjadi target kunjungan wisatawan, sehingga melengkapi daftar objek wisata di Bali. Sejumlah tempat suci agama Hindu juga menjadi tempat menarik bagi wisatawan, sekaligus menjadi tujuan Tirta Yatra bagi warga lokal, terutama juga bagi warga Hindu di Bali daratan, salah satunya adalah Goa Giri Putri. Namu pura ini mungkin tidak asing bagi warga pemeluk Hindu.

Kenangan perjalanan Tirta Yatra ke Nusa Penida pada tanggal 5 Mei 2012

Nyoman Pasek di Goa Giri Putri


Pura Goa Giri Putri cukup populer baik sebagai itu sebagai objek wisata ataupun sebagai tujuan persembahyangan, bagi anda yang mengagendakan wisata rohani atau agenda Tirta Yatra dua buah pura seperti pura Goa Giri Putri dan Dalem Ped menjadi tujuan wajib.  Namun mungkin berbeda bagi kalangan wisatawan yang merencanakan acara jalan-jalan atau liburan ke pulau Nusa Penida keberadaan pura Goa Giri Putri sebagai objek wisata berada di bawah kepopuleran pantai-pantai indah pada kawasan ini seperti pantai Crystal Bay, pantai Atuh, Pasih Uug ataupun pantai Kelingking.

Lokasi dari Goa Giri Putri adalah di desa Karangsari, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung – Bali. Berada dekat dengan garis pantai, untuk menuju pura ini, dari pelataran parkir anda harus menapaki puluhan anak tangga, karena pura berada pada lereng bukit, sehingga sepanjang perjalanan anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam laut, dan akhirnya sampailah pada pura pertama, letaknya di luar gua, namanya pura Pura Tri Purusa disinilah umat bersembahyang terlebih dahulu, sebelum menuju ke tujuan utama.

Kadek Paranita Della Cahyani di Goa Giri Putri

Di sebelah Pura Tri Purusa inilah terdapat pintu masuk ke dalam gua, yang berupa sebuah gua atau lubang kecil dan hanya cukup untuk 1 orang dewasa, untuk itulah anda harus masuk satu persatu, terkadang harus merangkak beberapa meter untuk menuju ruang utama dalam gua, ini tentu menjadi sebuah pengalaman menarik dalam perjalanan wisata anda, karena anda tidak pernah menyangka di dalam sana sebuah ruangan besar, bahkan bisa menampung sampai 5000 orang, luas dan panjang serta sejumlah pelinggih terlihat berdiri indah dihiasi stalagnit dan stalagtit yang terbentuk alami.

Pura Goa Giri Putri adalah sebuah pura Kahyangan jagat, makna dari nama yang disematkan pada tempat ini adalah, kata goa tentu karena pura tersebut berada dalam sebuah gua, kata giri berarti gunung atau bukit, sedangkan putri berarti wanita. Kata putri tersebut merupakan simbolis dari sifat keibuan dari manifestasi Ida Sang Hyang Widi Wasa. Jadi secara utuh Pura Goa Giri Putri berarti pura yang terletak dalam sebuah gua tempat bersemayamnya manifestasi Tuhan sebagai wanita yaitu Hyang Giri Putri, dalam hal ini merupakan kekuatan dari dari Dewa Siwa.

Family di dermaga Nusa Penida


Pada masa lampau gua ini sebagai tempat perlindungan dan bertahan untuk hidup, kemudian seiring perkembangan kehidupan manusia peran gua tersebut dijadikan sebagai tempat meditasi ataupun bertapa mendekatkan diri kepada Hyang Maha Esa, sangat beralasan sekali karena, goa ini tenang, jauh dari keramaian, sehingga cocok untuk kegiatan rohani, dan untuk itulah di tengah gua ini kemudian didirikan beberapa pelinggih, tempat bersembahyang dan melukat untuk membersihkan diri secara niskala (rohani), termasuk juga ada klenteng yang berada pada ujung gua.

Goa Giri Putri memiliki panjang 310 meter, pada bagian tengah memiliki ruang yang cukup luas dengan ketinggian ruang goa sampai 10 meter, ruang goa sudah tertata sangat baik, termasuk juga pelinggih-pelinggih (tempat pemujaan), tetesan-tetesan air dari langit-langit gua menambah keunikan dari tempat ini, walaupun sinar matahari dari ujung goa tidak maksimal memberikan penerangan, tetapi lampu penerangan yang telah dipasang memberikan penyinaran cukup untuk melangkahkan kaki anda. Gua ini memang tampil unik, cantik dan sangat menarik, sehingga anda yang merencanakan trip ke pulau Nusa Penida, agendakanlah acara jalan-jalan anda untuk mengunjungi objek wisata Goa Giri Putri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar